Selasa, 28 Juli 2015

11.29 - No comments

Kandungan Nutrisi Coklat

   
  
    Coklat, siapa yang tidak mengenal sesuatu yang begitu lezatnya ini. Mulai dari anak-anak sampai dengan manula sekalipun pasti mengetahui apa yang namanya coklat. Ternyata coklat selain memiliki rasa yang enak sehingga membuat kita ketagihan, ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang baik dan jika kita mengkonsumsi dengan wajar maka juga dapat memberikan kita hal yang baik bagi kesehatan.


     Menurut para ilmuwan dari Italia, mengemil 20 gram dark chocolate setiap 3 hari sekali membawa kebaikan untuk sistem kardiovaskuler. Namun jika makan terlalu berlebihan, tidak akan berpengaruh lebih baik. Dosis terbaik memang hanya secuil cokelat dengan berat 20 gram per 3 hari sekali.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada cokelat  / kakao :

Gula . Biji kakao mengandung cukup banyak karbohidrat, tapi umumnya pati, serat tak larut dan larut, juga sangat sedikit gula sederhana. Biasanya gula ditambahkan ke dalam cokelat saat proses produksi di pabrik.

Lemak . biji kakao mengandung sekitar 50% lemak. Lemak kakao terdiri dari dua jenis asam lemak jenuh (palmitic acid dan stearic acid) dan satu asam lemak tak jenuh tunggal (oleic acid).

Vitamin . Biji kakao memiliki kandungan vitamin yang cukup, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asam pantotenat.

Kafein . Biji kakao mengandung kafein dalam jumlah yang sangat rendah, jauh dibawah kafein yang ada pada kopi dan teh.

Antioksidan . Kakao mengandung polifenol seperti yang ada pada minuman anggur. Antioksidan bermanfaat untuk mnejaga kesehatan tubuh.

Mineral esensial . Kakao mengandung banyak mineral, termasuk magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, potasoum, dan mangan.

Kalori . Cokelat, khususnya dark chocolate memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena memiliki kadar tinggi gula dan lemak.

Feniletilamin . Zat ini merupakan antidepresan yang ringan dan stimulan dengan kekuatan hampir sama dengan dopamin dan adrenalin yang diproduksi oleh tubuh.


0 komentar:

Posting Komentar