Selasa, 30 Juni 2015

23.46 - No comments

Pengertian Anamnese



   Anamnese adalah suatu tindakan dari tenaga medis dimana melakukan wawancara terhadap pasien yang memiliki keluhan agar didapati keterangan-keterangan yang di perlukan untuk pemeriksaan selanjutnya dan menegakkan diagnosa.
     Anamnese dibagi atas 2 :
   1. Autoanamnese : Dimana kegiatan wawancara dilakukan antara dokter terhadap pasien yang memiliki keluhan.
   2. Alloanamnese  : Dimana kegiatan wawancara dilakukan antara dokter terhadap orang yang terdekat dari pada pasien dikarenakan alasan tertentu seperti jika pasien sedang dalam keadaan tidak sadarkan diri dan jika pasien adalah seorang anak-anak maka kita menanyakan pada ibu dari anak tersebut.

     Yang dapat ditanya pada anamnese terdiri dari :
- Identitas Pribadi
- Keluhan Utama
- Keluhan Tambahan
- Riwayat Penyakit Terdahulu
- Riwayat Penyakit Keluarga
- Riwayat Kebiasaan
- Riwayat Gizi
- Riwayat Sosial Ekonomi
- Riwayat Pemakaian Obat

       Dimana yang dimaksud dalam identias pribadi adalah seperti menanyakan nama pasien, alamat, pekerjaan, umur, status perkawinan, suku bangsa, serta agaman. Lalu dalam keluhan utama dan tambahan menggunakan metode yang dinamakan "OLD CART". Dimana "O" adalah Onset atau sudah berapa lama keluhan dirasakan oleh pasien tersebut, "L" location atau bagian serta daerah mana yang menjadi keluhan dari si pasien, "D" duration adalah keluhan dirasakan pasien hilang timbul atau dirasakan secara terus menerus, lalu "C" character adalah menanyakan sifat dari keluhan pasien contoh bila pasien mengalami pusing, karakter dari pusing tersebut seperti tertusuk atau di pukul. Selanjutnya,  "A" alleviating dan aggravating atau ada tidak yang menjadi faktor memperingan atau memperberat dari keluhan si pasien. "R" adalah Radiation atau ada tidak dari satu keluhan menjalar atau berpindah ke bagian tubuh lainnya, serta yang terakhir adalah "T" dimana ditanyakan ada tidak waktu tertentu penyakit mungkin seperti contoh keluhan hanya muncul pada malam hari.
      Lalu selanjutnya menyakan riwayat penyakit terdahulu, keluarga, kebiasaan, gizi, sosial ekonomi dan riwayat pemakaian obat, dan jangan lupa menanyakan ada riwayat alergi obat atau tidak karena bisa berbahaya jika setelah melakukan terapi ternyata memiliki riwayat alergi.

0 komentar:

Posting Komentar